Wajah sekolah dalam sinetron



Didalam sinetron yang namanya sekolah itu bukan tempat untuk belajar, namun sekolah adalah ajang untuk rebutan pacar, perselisihan yang tidak jelas antar teman, membuat gank, terus juga untuk pamer kekayaan. Di sekolah-sekolah itu tidak ada yang namanya peraturan, tidak ada guru, tidak ada proses pendidikan, yang ada hanya konflik dan pertarungan tanpa wasit.

Didalam sinetron, kelemahan bukan untuk dibela namun untuk dilecehkan, kekurangan bukan untuk dimaklumi sebagai sesuatu yang manusiawi namun untuk ditertawakan sebagai cacat, kekayaan bukan hasil kerja keras namun karena dia memang kaya, persahabatan dijalin bukan atas dasar perasaan dan hati namun berdasar kelas social, dan objek dari ajaran-ajaran itu semua adalah remaja-remaja berseragam sekolah. 

Saya bukannya orang yang terlalu membenci sinetron ataupun film yang berlatar sekolah, meski sepanjang yang saya lihat (ini penilaian subjektif saya) hanya sedikit sekali sinetron yang bisa dikategorikan bagus, dan lebih sedikit lagi yang bagus sekaligus mendidik. Memang tujuan sinetron atau film bukanlah untuk mendidik namun sekedar untuk hiburan, namun setidaknya jika tidak mendidik maka seharusnya tidak meracuni.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Garis Pertemuan Laut dan Langit

Pendapat mereka tentang sekolah

Hotpant