17 Agustus 17 Ramadhan


Mungkin hanya sebuah kebetulan saja ketika peringatan hari kemerdekaan tahun ini bertepatan dengan peringatan nuzulul qur’an, jadi tanggal 17 agustus persis berbarengan dengan 17 Ramadhan sebuah kebetulan yang langka sekaligus menarik. 

Saya pernah mendengar dari sumber yang tidak jelas – karena sumbernya cuman dari orang ngobrol dan saya juga sudah lupa siapa orangnya – bahwa proklamasi kemerdekaan pada 17 Agustus 1945 dulu bertepatan dengan tanggal 17 Ramadhan, jadi kalau kabar itu benar berarti tahun ini merupakan pengulangan dari peristiwa 66 tahun yang lampau.

Kedua tanggal itu, 17 Agustus dan 17 Ramadhan, memang mempunyai makna tersendiri bagi bangsa Indonesia. 17 Agustus adalah hari dimana proklamasi kemerdekaan Indonesia dikumandangkan, pada hari itulah Soekarno Hatta menyatakan kemerdekaan Indonesia. sedangkan 17 Romadhan atau tepatnya malam 17 Ramadhan adalah hari dimana Al Qur’an diturunkan pada malam itulah Kanjeng Nabi Muhammad SAW menerima wahyu pertama, Iqra’.

Dua hal itu – Proklamasi kemerdekaan dan Nuzulul Qur’an – memang dua hal yang berbeda, satu masalah politik (profan) sedangkan yang satu masalah agama (sakral), namun dua hal itu menyatu dalam jiwa mayoritas penduduk Indonesia yang mayoritas beragama Islam dan mempercayai bahwa kemerdekaan yang diraih adalah semata-mata atas berkat rahmat Allah seperti yang tertulis dalam pembukaan UUD 1945, meskipun Indonesia bukan Negara Islam namun umat Islam adalah aktor utama dibalik pembentukan Republik Indonesia yang berbhinika tunggal ika ini. 

Jadi, perayaan kemerdekaan Indonesia pada tahun ini memang luar biasa dan seharusnya dapat menjadi titik balik bagi kebangkitan kembali bangsa ini, ditengah  carut-marutnya segala persoalan mari kita sebagai bangsa untuk instropeksi diri, membaca kembali segala sesuatunya atas nama Allah yang menciptakan, Iqra’ bismirabbikalladzi kholaq.

Selamat merayakan hari Kemerdekaan, Selamat memperingati Nuzulul Qur’an

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Garis Pertemuan Laut dan Langit

Pendapat mereka tentang sekolah

Hotpant