Ingatkah engkau



Ingatkah engkau siapa yang mengajarimu mengeja kata-kata, mengenali angka-angka, merangkai huruf-huruf, mengajakmu membaca ketika engkau berbicara saja masih terbata-bata, menuntun tangan mungilmu untuk menuliskan kata-kata sederhana atau menggambar gambar-gambar yang engkau suka.

Ingatkah engkau siapa mereka ?

Ingatkah engkau siapa yang menggandeng tanganmu untuk masuk kelas pertama kalinya sementara engkau masih malu-malu dan berpegang erat pada tangan ibumu, menghiburmu ketika engkau menangis dikelas karena bertengkar dengan temanmu, membersihkanmu ketika engkau kebelet pipis disekolah.

Ingatkah engkau siapa mereka ?

Ingatkah engkau siapa yang mengajarimu membaca Al Qur’an, menunjukkanmu cara berwudlu, memperagakan gerakan-gerakan shalat, mengajakmu berpuasa namun juga memaklumi ketika pada siang hari engkau tak sanggup menyelesaikan puasamu.

Ingatkah engkau siapa mereka ?

Ingatkah engkau siapa yang mengajakmu untuk bermimpi setinggi langit, memberimu motifasi untuk belajar, meyakinkanmu bahwa engkau pasti bisa menjadi apa saja yang engkau mau, membukakan jendela dunia sehingga sengkau sadar dunia tak sesempit daun kelor.

Ingatkah engkau siapa mereka ?

Apakah engkau ingat senyum mereka yang selalu merekah, wajah hangatnya, nasehat-nasehat bijaknya, cara mereka bicara, bercanda atau diamnya mereka.

Tahukah engkau ?

Setiap hari ada wajah lelah yang mereka sembunyikan lewat senyuman, ada kejengkelan yang mereka tahan ketika kita nakal, ada keperluan-keperluan pribadi yang mereka lupakan sejenak, juga pada tiap malamnya ada do’a-do’a yang mengalir untuk kita tanpa kita minta.

Selamat Hari Guru

Maafkan kebebalan murid bengalmu ini. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Garis Pertemuan Laut dan Langit

Pendapat mereka tentang sekolah

Hotpant